Wednesday, August 17, 2005

Merdeka dari Siapa?

17 Agustus, hari kemerdekaannya Indonesia. Lucu juga kalo mikirin betapa selama belasan tahun sekolah, kita selalu harus ikut upacara bendera. Tapi begitu udah nggak wajib lagi, rasanya juga nggak ada yang istimewa dari tanggal 17 Agustus, kecuali kalo itu adalah salah satu dari sekian banyak tanggal merah di kalender.

Dibilang 60 tahun udah merdeka, rasanya rancu juga. Sebenernya merdekanya itu milik siapa? Milik semua rakyat Indonesia dari Sabang sampai Merauke, kayak judul lagu wajib yang harus kita hafal pas jaman SD, atau hanya milik segelintir orang tertentu?

Miris aja gitu, ngeliat orang" di Papua yang bahkan nggak dikasi kesempatan buat milih Otonomi Khusus seperti apa yang sebaiknya mereka terima, atau ribuan warga Aceh yang berharap banyak sesudah penandatanganan perjanjian damai di Helsinki, mungkin tanpa ngerti seutuhnya soal point" perjanjian dan dampaknya ke depan.

Sementara itu? Segelintir orang tertentu, keliatannya cukup merdeka untuk beli tanah dan bangun rumah baru, untuk ngeributin penggantian mobil dinas dengan jenis yang lebih baru, untuk lagi dan lagi ngasih alesan basi tentang rencana" studi banding keluar negeri..

Ugh, mungkin ini unek" basi...tapi yang lebih ironis, justru orang" yang mungkin belom pernah ngerasain indahnya hidup merdeka, itu yang membludak di jalan", yang semangat ikut panjat pinang atau lomba karung. Yang ribet ngurusin dekorasi di RT-RT..

Pengen deh gue nanya, apa bener kalian udah ngerasa merdeka?

No comments:

Post a Comment