Tuesday, October 04, 2005

Berita,Bom,BBM

Jauh dari Indonesia, entah kenapa berita yang gue baca tentang tanah kelahiran gue itu malah semakin buruk dan buruk setiap harinya... Belom ilang shock tentang kenaikan harga BBM, demo" dan semua reaksi keras ataupun pasrah dari masyarakat, tiba" ada lagi berita tentang bom.

Seorang temen gue bilang, BBM=Bom Bali Meledak (lagi), jadi lead berita yang bagus banget. Hantaman keras untuk kesekian kalinya buat pemerintahan pak SBY-JK (Gue jadi inget lagi SMS yang sempet beredar tentang SBY-JK : Susah Bensin Ya Jalan Kaki...ada" aja...)

Anyway...lepas dari betapa terkutuknya peristiwa pengeboman itu, apa yang ada di otak para suicidal bombers, dan kenapa harus bikin negara kita seperti sudah jatuh tertimpa tangga pula....Gue jadi ngebayangin peran media sama semua peristiwa ini.

Bad news is good news..Salah satu hal yang gue pelajarin selama sempet kecebur di dunia jurnalistik kemaren ini. Ironis siy, karna kejadian mengerikan kaya pengeboman Bali atau naiknya BBM di tengah krisis masyarakat, justru jadi makanan empuk buat dunia media. Yang lebih ironis, media bisa pegang peranan penting banget buat ngebentuk opini masyarakat...

Isu apa yang ada di balik pengeboman Bali misalnya, apa dikaitin sama agama, atau it's just a bunch of crazy people, doing crazy things...Bisa dibentuk dengan gampangnya sama media...Serem banget, karna kita sekarang hidup di dunia komunikasi yang udah global abis...Media bisa jadi pemicu...atau jadi penengah..

Jangan nelen bulet" semua berita yang ada...karna maybe it can lead to another worse thing...

No comments:

Post a Comment