Thursday, February 17, 2011

Virtual Celebrities

Di era internet seperti sekarang ini, siapapun bisa jadi selebriti (atau bahasa Indonesianya yang benar: selebritas, hehe). Bermodalkan kerajinan untuk menulis, entah dalam format twit, status Facebook, blog, atau postingan di berbagai forum, maka seseorang bisa menjadi amat sangat terkenal di dunia maya, terlepas dari ketidaktahuan orang-orang terhadap sosok sebenarnya dari orang tersebut.

Setiap komunitas memiliki figur "selebriti" nya sendiri. Tak terkecuali lingkungan ibu-ibu canggih yang eksis di dunia maya. Mengikuti perjalanan hidup mereka melalui blog dan twit-nya merupakan suatu guilty pleasure tersendiri, layaknya menonton infotainment atau telenovela. Kebanyakan dari mereka memiliki blog atau website dengan embel-embel "keluarga" atau "family", meski sebenarnya sebagian besar postingan blog didominasi oleh sang ibu. Ceritanya pun biasanya berkisar tentang kehidupan sehari-hari, mulai dari menu makan anak, perkembangan atau milestone si anak, kegiatan sehari-hari, sampai review tempat-tempat yang dikunjungi saat weekend, dan produk yang baru dibeli.

Terkadang memang sharing dan cerita yang ditulis hanya berbeda tipis dengan ajang pamer atau show off, memancing timbulnya komentar pedas dan sinis dari para haters, yang biasanya dengan senang hati ditimpali balik oleh sang empunya blog, kadang melalui satu posting khusus tersendiri. Ohh...we love drama!

Sebenarnya gue tidak menyalahkan si pemilik blog, karena toh memang blog itu diciptakan sebagai tempatnya berekspresi. Kalau memang tidak suka, ya tidak usah baca toh? Sama seperti kita yang punya banyak pilihan saat menonton TV. Kalau sudah eneg dengan infotainment atau reality show kacangan, ya pindahkan saja channelnya. Nggak usah terlalu banyak nyela. Bikin capek hati dan mulut.

Tapi....membaca blog-blog ini memang layaknya candu, nggak bisa berhenti! Seberapapun sebelnya kita, atau irinya kita dengan rumput tetangga yang hijau dan subur itu, tetep ajaaa..akhirnya balik lagi dan balik lagi mengklik link yang sudah dihafal di luar kepala karena penasaran =D

Apalagi kalau secara nggak sengaja pernah berpapasan dengan sosok-sosok seleb ini di tempat umum, rasanya sama excitednya dengan bertemu artis ibukota! Bahkan ada lho, yang sampai nekat menyapa dan mengajak foto bareng segala. Seru kan? =)Padahal sebenarnya kalau dipikir-pikir, apa yang membuat mereka berbeda dengan kita? Sama-sama orang biasa kok, bukan penyanyi, pemusik atau bintang film. Tulisannya pun kadang..hmmm...standar. Meski memang ceritanya suka membuat pembaca ngiler-ngiler saking "indahnya".

Sebenarnya, menurut pendapat gue, banyak juga kok contoh virtual celebrity yang pada akhirnya memang layak menjadi public figure yang sebenarnya. Raditya Dika misalnya,mengawali ketenarannya lewat blog pribadinya yang memang kocak dan menghibur. Cerita yang ditulis memang merupakan kisah keseharian hidupnya, tapi gayanya yang konyol dan effortless lah yang membuat pembaca (dan penerbit! dan sutradara!) jatuh cinta padanya, hingga akhirnya blognya dibukukan, bahkan difilmkan dengan si kambing jantan sendiri sebagai pemeran utamanya.

Trinity, penulis travel yang sejak dulu blognya memang fenomenal dengan cerita-cerita backpacking trip yang seru, juga salah satu blogger yang kini sedang naik daun, baik di dunia maya maupun nyata. Karyanya sudah diterbitkan menjadi beberapa buah buku dan komik, dan bahkan kini ia sudah menggawangi majalah travel lokal yang keren banget.

Sosok-sosok tadi adalah contoh nyata betapa dunia maya bisa membawa status yang berbeda bagi orang-orang yang tadinya hanyalah orang biasa. Tapi, seperti juga selebriti di dunia nyata, para virtual celebrity ini pun ada berbagai jenis. Yang terkenal karena kehidupannya yang penuh drama, atau karena talenta dan bakat yang dikembangkan secara optimal =)

But who am I to judge? I just want to enjoy the world wide web!

5 comments:

  1. heheh, i'm on the sampe page with you, tid...
    paling males deh kalo update status cenderung ke showing off... apa karna gw sirik tanda tak mampu ya? wkwkwk...

    ReplyDelete
  2. totally on the sampe page with you, tid....
    kadang2 suka heran kalo orang sibuk ngetweet buat mamer... hiks, apa ini pertanda gw yg sirik ya? huhuh...

    ReplyDelete
  3. hahaha kadang emang sirik tanda tak mampu, tapi kalo pamernya udah kelewatan juga emang mancing sih crey =p

    ReplyDelete
  4. Mengapaa gue baru baca tulisan lo yang ini? *ngikik di pojokan*

    ReplyDelete
  5. @otty: hush....ngapain ngikik di pojokan? disini ajaaa! hahahaha

    ReplyDelete