Monday, August 23, 2004

Indo-Idol

mau ikut ngeramein fenomena indonesian idol ahh...
yang emang jadi bahan omongan dimana"...

sebenernya tren memilih idola lewat sms di indonesia diawalin sama program franchise yg dibeli indosiar bernama AFI..
sejak itu..peran "juri" kayanya jadi nggak begitu penting lagi di satu event perlombaan..
sekedar buat pemanis dan pemanas aja...
bahkan jusuf kalla himself pernah komentar, demokrasi di indonesia sekarang udah gila"an,gak hanya milih presiden yang langsung diserahin ke rakyat, milih idola pun sekarang udah terserah kita...

selain AFI, ada yang lebih menghebohkan lagi akhir"ini..
program franchise---lagi"--- yang kali ini dibeli sama rcti.
diiming"in kalimat "PASTI BEDA", acara ini langsung melejit ngalahin AFI yang udah masuk musim ketiga, dan mungkin mulai bikin pemirsa bosen karna kualitasnya yg gitu" aja...

gak semua orang seneng sama sistem pemilihan kaya gini..
kadang banyak orang, termasuk juri, yang bingung sama keputusan pemirsa yang kadang memilih tampang daripada kualitas suara. tapi banyak juga pemirsa yang suka sebel sama juri yang seakan" nggak bisa terima kalo jagoan mereka emang nggak lolos gara" nggak berkenan sama pemirsa --->baca tulisan hellen di www.birubanget.blogspot.com

seperti teori para pengamat politik yang bilang kalo tingginya suara SBY adalah karena kepopuleran dia dan rasa simpati masyarakat, gitu juga dengan fenomena masuknya delon ke final indonesian idol atau ferry afi yang sukses ngegondol gelar juara padahal kualitas suaranya bisa dibilang teramat standar untuk seorang penyanyi yang bakal diorbitin secara profesional..

apapun pro kontra mengenai program semacam ini... penyanyi muda yang karbitan, ajang nyanyi yang berubah jadi ajang adu popularitas dan banyak"an fans..semuanya nggak terlepas dari pihak teve dan penyelenggara.
ibarat mesin uang, stasiun teve dan pihak penyelenggaralah yang sebenernya diuntungin sama sistem sms kaya gini, uang mengalir nggak brenti" dari sms yang masuk..
sementara dimana" orang ribut sama "delon atau joy????"---> bahkan ada yang ngirim sms sampe berpuluh" kali demi supaya idolanya menang..padahal they don't even know their "idols" personally...
stasiun teve dan penyelenggara tersenyum senang...lembar demi lembar terus masuk ke kantong mereka..

kalo udah gini...
apa betul ini win win situation?? =p

No comments:

Post a Comment