Tuesday, July 08, 2003

Visit Singapore

Kemaren ini gue baru balik dari Singapore, dan meskipun baru awal taun ini gue ke sana, udah lumayan banyak juga yang berubah.
Perubahan itu ngga laen dan ngga bukan tentu aja gara-gara SARS, si wabah yang bikin panik semua negara baru-baru ini.
Begitu keluar dari pesawat, kita langsung disambut sama alat pengukur suhu, yang bakalan langsung bereaksi kalo ternyata suhu kita ada di atas suhu rata-rata. Ternyata, alat kaya gini ngga cuma ada di airport aja, tapi juga di sekolah, kantor dan beberapa tempat umum laennya. Mungkin konsistensi pemerintah dalam ngegunain alat pengukur suhu ini, dan tentu aja tindakan yang diambil kalo ada orang yang suhunya di atas rata-rata, yang bikin Singapore jadi salah satu negara yang paling awal bebas SARS.
Disiplin, konsisten, dan tegas, emang merupakan karakter dari pemerintahan Singapore. Selain keliatan jelas dari masalah SARS tadi, sejak dulu Singapore emang terkenal sebagai negara penuh denda.
Ngeselin emang, karena kita bisa aja kena denda 500 dollar hanya gara-gara bawa minum di dalem MRT. Tapi terus terang, biarpun ngeselin, mungkin ini juga yang bikin Singapore jadi salah satu negara paling maju di Asia.
Biarpun gitu, tetep aja ada perubahan laen yang juga kurang enak buat Singapore. Yang paling jelas keliatan adalah banyaknya pengemis yang sekarang nongkrong di underpass atau tempat-tempat deket stasiun MRT. Selain itu, tingkat kriminalitas yang mulai naek juga bikin Singapore ngga seaman yang dulu-dulu. Misalnya aja, sehari sebelum gue nyampe, ternyata baru ada kejadian perampokan cewek di salah satu taman kota yang biasanya tergolong aman buat jalan-jalan.
Hal-hal kaya gitu terjadi emang karena keadaan ekonomi Singapore yang kurang oke akhir-akhir ini, yang salah satu penyebab utamanya adalah wabah SARS itu.
Tapi.....pemerintah Singapore ngga keabisan akal. Buat ningkatin pendapatan dari sektor turisme yang sempet anjlok kemaren ini, diadain SALE gede-gedean, hampir di semua toko, mal dan pusat perbelanjaan.
Nah...ini yang bikin Singapore emang jadi tempat yang asik banget buat belanja sekarang-sekarang ini.... terutama buat para shopaholic...

Btw, kalo ada yang punya rencana pergi ke Singapore deket-deket ini, beberapa hal dan tempat yang menurut gue bikin acara jalan-jalan di Singapore jadi tambah asik, mungkin ini nih :
* Jangan lupa nongkrong di toko-toko buku, kaya Borders ato Kinokuniya. Di Borders, kamu bisa nongkrong sampe jam 11 malem di hari-hari biasa, dan sampe jam 12 malem di malem minggu. Tempatnya asik banget buat sekedar liat-liat majalah dan buku baru, ato numpang baca gratis!!
* Kalo udah cape belanja, sempetin mampir ke cafe kaya Starbucks ato Coffee Bean yang emang banyaaaak banget di sekitar tempat belanja, terutama di sekitar Orchard. Kadang menu-menunya suka beda sama yang di sini, selaen itu suasananya juga seru, ngopi sambil ngeliatin orang belanja..
* Ke Far East Plaza, tempat belanja yang penuh toko-toko murah. Barang-barangnya up to date, dan toko-tokonya juga lucu-lucu. Wardrobe nya VJ MTV suka ngambil dari sini lho.... Trus, kalo udah di sini, jangan lupa buat mampir ke toko sablon Chicos, di mana kamu bisa nyablon kaos kamu pake gambar apaaa aja, termasuk foto kamu sama pacar kamu!!
* Jalan-jalan ke Anex (di Heeren, Orchard) ato The Edge (di Bugis Junction), yaitu area belanja yang penuh sama distro, tempat nongkrong seru kaya Grafitti Cafe, dan tentu aja anak-anak gaul Singapore yang biasanya emang suka nongkrong di sini.
* HMV, toko cd yang suka tiba-tiba sale gede-gedean. Nyari kaset apa aja juga ada di sini... HMV yang gede ada di Heeren (Orchard) atou di City Link
* Newton Circus, tempat makan yang penuh sama segala macem makanan, mulai seafood sampe makanan khas Singapore. Tapi ati-ati, kalo tau kamu turis, biasanya harganya suka dimahalin...

Banyak lagi sih yang masih bisa diliat di Singapore, kaya maen ke Sentosa Island, Singapore Zoological, atau Discovery Centre. Kalo kamu masih punya waktu lebih dan ngga tau mesti ngapain lagi, coba aja keliling-keliling pake MRT atou bus yang sekarang udah pake sistem link. Kamu tinggal beli satu kartu terusan yang bisa diisi ulang, dan kamu bisa jalan-jalan sampe puas keliling Singapore...

1 comment:

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete