Wednesday, June 08, 2005

Pulang ke kotamu...

Beberapa minggu yang lalu, gue sama beberapa temen pergi ke Jogja.
Tujuan utama emang dateng ke pernikahan salah seorang temen kita, tapi tujuan laennya tentu aja berlibur, jalan-jalan dan belanja..
Udah lama banget gue nggak bisa liburan (selama setaun lebih kerja nggak boleh dapet cuti, astaga....), dan udah lama juga gue nggak ke Jogja..
Jadi, seharusnya gue bakal bener" nikmatin waktu selama di sana...

Tapi, ada satu hal yang cukup ngeganggu gue.
Dari awal nyampe Jogja, gue langsung sadar, ternyata orang yang nggak bisa berbahasa Jawa dalam rombongan hanya gue doang...
Bahkan beberapa temen yang selama di Jakarta keliatannya adem ayem dan nggak pernah nunjukin kemampuan berbahasa Jawa sedikitpun, mendadak jadi super fasih begitu nyampe Jogja.
Dan setiap kali ngobrol, nawar barang sampe nanya jalan, semua dilakuin pake bahasa Jawa.
Entah berapa kali gue nanya : Artinya apa?/ Bantuin gue nawar donk../ Translate please...

Bahkan pas nemenin temen" gue kunjungan ke tempat sodaranya masing", pertanyaan pertama dari tuan rumahnya adalah : siapa yang nggak ngerti bahasa jawa?
Dan gue, terpaksa jadi satu"nya orang yang ngacungin jari...

Semua temen gue, entah emang orang Jawa asli, pernah tinggal di Jawa, atau seengganya ngerti bahasa Jawa.
Dan ternyata, kalo dipikir", hampir semua temen" jurnalis yang gue kenal di Jakarta, emang seperti itu...
Apa Indonesia emang udah terkena Jawanisasi ya?

Yah...whatever...tapi begitu gue ngeliat Candi Borobudur tengah malem pas hari Waisak, maen" aer di pantai Baron dan Kukup yang bersih banget, makan gudeg Jogja sambil lesehan, belanja batik di Malioboro, dan ngedenger musisi jalanan mulai beraksi, lengkap dengan medok Jawanya... ya wis lah....
I do really enjoy Jogjakarta....

No comments:

Post a Comment