Friday, August 05, 2005

Logika Cinta

Cinta, atau hubungan percintaan, jelas bukan matematika. Nggak ada rumus atau persamaan yang bisa bikin suatu hubungan cinta dijamin berhasil.

Mungkin ada beberapa persamaan sederhana yang identik dengan cinta, misalnya ME+U=LOVE atau ME-U=BLUE, seperti salah satu judul lagu romantis taun 80an.
Tapi sebenernya, apa bener nilai ME dan U dalam persamaan di atas adalah sama? Apa bener ME=U, bukannya ME lebih besar atau lebih kecil dari U?

Ada orang yang pernah bilang, dalam suatu hubungan, selalu ada pihak yang lebih mencintai. Jadi nggak ada yang bisa ngejamin kalo faktor ME dan U punya nilai yang sama.

Gue sering mikir, apa ada hubungan yang seimbang? Hubungan yang punya nilai ME dan U yang sama, tanpa harus ada faktor X,Y atau Z yang ditambah dalam persamaan tadi?
Kalo ngeliat hubungan bokap nyokap, atau kaka gue sama istrinya, gue emang ngeliat keseimbangan. Kayanya hubungan mereka bener" harmonis, sesuatu yang rasanya nggak pernah gue alamin dalam hubungan" gue. Nggak ada pihak yang keliatan lebih mencintai pihak lainnya.

Tapi....kalo dipikir"..dalam hubungan mereka pun pasti dibutuhin faktor X, Y atau Z. Faktor penerimaan, kompromi, dan juga waktu. Sesuatu yang memang belum bisa gue lakuin dalam hubungan" yang gue jalanin selama ini. Kadang gue iri sama mereka, tapi gue sadar, gue masih belum rela masukin faktor" itu ke dalam hubungan" gue.

Padahal rasa cinta bisa ngilang kalo nggak diimbangin faktor" lainnya. Apa emang bener, ada hubungan yang bisa bertahan hanya dengan rasa cinta? Kalo iya, gue bener" pengen tau caranya...Saat cinta bener" nggak berpijak pada logika....

No comments:

Post a Comment