Monday, August 02, 2004

Golput

sejujurnya gue males banget ngomongin politik...
mungkin karna tiap hari udah kenyang menjurus eneg sama yang namanya politik itu..
tapi...entah kenapa tau" gue pengen ngebahas masalah golput..

dua kali pemilu kemaren ini, gue golput terus.
banyak orang yang ngomong, golput itu pengecut..
karna enggak berani milih...karna enggak mau ikut peduli...karna enggak punya rasa tanggung jawab..
anyway..mungkin semua itu bener.
tapi alangkah nggak adilnya kalo yang diliat tu cuma lapisan luarnya doang.
menurut gue, golput juga suatu pilihan, selama kita emang punya alesan yang jelas untuk itu..
kalo emang dari sekian banyak pilihan nggak ada yang sesuai sama kata hati kita gimana?
kalo emang kita udah sangat peduli...tapi ternyata dengan memilih salah satu nggak bakalan bikin negara ini jadi lebih baik gimana?

golput...mungkin punya kemiripan dengan HTI
fenomena di mana pasangan nggak pengen berkomitmen...
hubungan tanpa ikatan, hubungan tanpa status atau apalah namanya..
banyak yang ngomong kalo orang yang HTI itu pengecut..
nggak jauh beda sama golput
mereka takut komitmen, mereka nggak mau salah pilih..mereka nggak mau terjerumus.
tapi..tetep aja..semua ada alesan..
semua punya hak buat nentuin sikap..
dan tetep aja...golput, atau hti...adalah sebuah pilihan..

(warning : tulisan ini bukan dalam rangka pembelaan, tapi murni opini gue doang...=p )

No comments:

Post a Comment