Thursday, June 01, 2006

6.234

Itu data per pagi hari ini tentang jumlah korban meninggal akibat gempa di Jogja. Menyedihkan memang, ketika nyawa manusia yang hilang harus digambarkan dengan angka-angka berakhiran "ribu". Dan lebih menyedihkan lagi harus mendengar berita buruk tentang negara tempat kita lahir tanpa bisa berada di sana. Dengan kata lain, hanya mengandalkan gambar dari televisi asing dan berita-berita internet untuk bisa membayangkan kondisi yang ada saat ini.

Seorang teman di Indonesia mengirim SMS, "Kelihatannya orang-orang Indonesia yang ada di luar negeri lebih heboh tentang bencana ini dibanding orang yang ada di Indonesia sendiri. Kenapa ya?"

Jawabannya, mungkin karena berada di luar negeri membuat perasaan tidak berdaya, tidak bisa berbuat apa-apa, tidak bisa berada di dekat orang-orang yang paling berarti. Entahlah.

Tapi tetap, kepedulian ada di mana-mana. Contoh paling kecil, hampir setiap blog yang gue kunjungin menyinggung tentang gempa Jogja di postingannya. Dan gue pikir, semuanya merasakan kepedulian yang sama. Baik dalam bentuk rasa duka cita, keprihatinan, menunjukkan link ke kantung sumbangan, atau bahkan berbagi pengalaman, seperti Mas Andi yang niatnya liburan ke Jogja tapi ternyata malah kebagian gempa.

Anyway, turut berduka cita sedalam-dalamnya, untuk Indonesia, khususnya semua yang ditinggalkan, kehilangan, dan harus menata kembali kehidupannya dengan sisa yang ada.

No comments:

Post a Comment